Bibir berwarna Hitam, Apa sih penyebabnya?

Banyak yang mengira penyebab bibir hitam hanya karena kebiasaan merokok, padahal ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bibir menjadi kehitaman, mulai dari pola hidup hingga kondisi tertentu. Lalu apa penyebab bibir hitam dan bagaimana cara mengatasinya ?

Cari tau yuk penyebab bibir hitam ?

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bibir warna merah merona yang tentunya menjadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Terlebih bibir adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat menjadi penyebab bibir hitam terjadi, yakni:

1. Kebiasaan Merokok

 

Salah satu penyebab bibir hitam adalah kebiasaan merokok. Hal ini karena kandungan nikotin dan benzopyrene dalam rokok tembakau dapat mendorong produksi melanin pada kulit.Alhasil, bibir kering dan bibir hitam nan gelap bisa terjadi seiring berjalannya waktu. Tak hanya membuat bibir hitam, kebiasaan merokok juga memiliki banyak dampak negatif untuk kesehatan.

2. Konsumsi Kafein terlalu Banyak

 

Konsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, Anda akan mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil. Dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, serta mengalami perubahan warna jadi lebih gelap, bahkan menghitam.

3.  Paparan Sinar Matahari

 

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menjadi penyebab bibir hitam terjadi. Sebab, tubuh akan menghasilkan pigmen melanin guna menyerap sinar ultraviolet. Kondisi ini merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi kulit dari efek kerusakan sinar matahari. Paparan sinar matahari tersebut dapat menyebabkan kulit, termasuk bibir, menjadi lebih gelap atau bahkan kehitaman.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Agar Wajah Glowing di Hari Lebaran

 4. Hiperpigmentasi

Penyebab bibir hitam berikutnya adalah hiperpigmentasi. Kulit mendapatkan warna dari suatu pigmen yang disebut dengan melanin. Kurangnya pigmen melanin dapat menyebabkan warna kulit menjadi lebih terang. Sementara, kelebihan produksi melanin bisa membuat warna kulit jadi lebih gelap.Ketika kulit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya, maka dapat menimbulkan hiperpigmentasi. Akibatnya, kulit menjadi lebih gelap dibandingkan warna kulit lain di sekitarnya. Kondisi ini bisa memengaruhi seluruh area tubuh, termasuk bibir.

5. Penggunaan Produk Kosmetik yang Kadaluwarsa

 

 

Penggunaan produk kosmetik, seperti lipstik atau lip balm, juga menjadi penyebab bibir hitam. Lipstik atau lip balm yang sudah kedaluwarsa tentu sudah berkurang kualitasnya sehingga bisa memengaruhi kesehatan bibir. Alhasil, bibir jadi hitam. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum membeli dan menggunakan produk kecantikan bibir ini.

6. Konsumsi Obat-Obatan dan Paparan Zat Kimia

Jenis obat-obatan tertentu, seperti antibiotik oral dan antimalaria, dapat menyebabkan hiperpigmentasi.Hal ini tentu bisa menjadi penyebab bibir hitam dan gelap.Setelah pengobatan selesai, seharusnya warna kulit dapat kembali normal jadi merah merona. Akan tetapi, pada sebagian orang, kondisi ini dapat bertahan. Tak hanya kedua obat tersebut, pengobatan kemoterapi juga dapat menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap.

7. Kehamilan

Kehamilan ternyata dapat menjadi penyebab bibir hitam terjadi.Sebagian ibu hamil mengalami perubahan kulit yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Bibir, puting payudara, hidung, pipi, dan dahi pun bisa berubah warna menjadi lebih gelap. Namun, umumnya warna kulit dapat kembali seperti semula setelah masa kehamilan berakhir.

 8. Cedera

Penyebab bibir hitam pada sebagian atau seluruh permukaan bisa pula akibat cedera. Tak hanya itu, bibir yang kering, pecah-pecah, dan rusak parah pun bisa membuat bibir menjadi lebih gelap.

9. Masalah Medis

Pada kasus tertentu, kondisi medis tertentu menyebabkan hiperpigmentasi sehingga menjadi penyebab bibir hitam.Salah satunya, penyakit Addison.Penyakit Addison adalah kondisi ketika kelenjar adrenalin tidak bekerja dengan baik untuk menghasilkan hormon-hormon yang penting dalam tubuh. Penyakit Addison dapat menyebabkan bibir hitam dan gelap disertai gejala lain, seperti kelelahan, kurang energi, dan suasana hati yang buruk.

Nah setelah mengetaui apa yang menajdi penyebab bibir hitam, lalu bagaimana cara mencerahkan bibir? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan bibir hitam yang mudah dilakukan

Baca Juga: Gaya Make up dari Negara Mana Nih Favorit Kamu?

  1. Eksfoliasi Bibir

 

Salah satu cara mencerahkan bibir hitam adalah dengan eksfoliasi bibir. Anda bisa melakukannya secara rutin sebelum tidur di malam hari. Caranya, oleskan lip balm sesaat sebelum tidur di malam hari. Kemudian pada pagi harinya, gunakan waslap yang sudah dibasahi air atau sikat gigi untuk mengangkat sel kulit mati atau kulit kering pada permukaan bibir. Langkah eksfoliasi ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area bibir sekaligus merangsang produksi kolagen sehingga warna bibir bisa kembali seperti semula.

      2. Pakai Scrub Bibir

Cara mencerahkan bibir hitam berikutnya adalah dengan mengoleskan scrub bibir.Anda bisa membuat scrub bibir alami sendiri di rumah.Misalnya, scrub bibir alami yang terbuat dari campuran gula pasir dan minyak almond atau madu yang baik untuk melembapkan permukaan kulit bibir.

        3. Minum Air Putih yang Cukup

 

Selain mengonsumsi kafein berlebihan, dehidrasi juga dapat disebabkan oleh kebutuhan.Maka dari itu, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh minimal 8 gelas per hari.

       4. Gunakan Lip Balm yang Mengandung SPF

Cara mencerahkan bibir hitam selanjutnya adalah rutin menggunakan lip balm dengan kandungan SPF. Pastikan Anda menggunakan lip balm dengan kandungan SPF yang tepat. Selain melembapkan bibir, langkah ini berguna untuk melindungi permukaan kulit bibir dari paparan sinar matahari. Sebuah studi yang dimuat National Library of Medicine melaporkan bahwa dari 299 orang partisipan penelitian yang menggunakan sunscreen atau tabir surya pada tubuhnya, ternyata hanya sekitar 37 persen yang menggunakan produk pelindung bibir.

Anda juga bisa menggunakan lip balm yang mengandung gliserin, minyak mineral, aloe vera, lactic acid, dan sorbitol. Berbagai kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit.Hindari lip balm yang mengandung perasa dan pemanis buatan karena dapat menyebabkan reaksi alergi. Sama halnya, dengan kandungan paraben dan zat wewangian yang berisiko membuat kulit iritasi.

         5. Selalu Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Cara mencerahkan bibir hitam ini baik untuk membuat bibir menjadi terasa lembap.Pastikan Anda membersihkan make up di wajah, tak terkecuali area bibir, sampai bersih sebelum tidur di malam hari. Tak ada salahnya Anda mengusap permukaan bibir dengan kapas yang telah dibasahi make up remover sebelum tidur guna memastikan tidak ada produk kosmetik bibir yang masih tersisa.

         6. Gosokan Lemon

Anda juga bisa melakukan cara alami memerahkan bibir hitam. Salah satunya, dengan lemon. Sebuah hasil penelitian mengemukakan bahwa buah-buahan sitrus, termasuk lemon, dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Setiap malam sebelum tidur, potong sebuah lemon dan gosokkan salah satu irisannya pada permukaan bibir, terutama bagian yang berairnya. Selanjutnya, bilas bibir menggunakan air dingin pada pagi hari. Rutin melakukan cara memerahkan bibir yang hitam ini setiap malam hari kurang lebih selama 30 hari berturut-turut dapat membuat bibir menjadi lebih cerah.

        7. Oleskan Jeruk Nipis

 

 

Selain lemon, cara alami memerahkan bibir juga bisa memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki sifat produksi antimelanin sehingga dapat mencerahkan warna bibir. Dalam sebuah mangkuk, campurkan 1½ sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh gliserin. Aduk merata seluruh bahan yang sudah disiapkan. Setelah tercampur semua, oleskan pada permukaan bibir sebelum tidur di malam hari. Lalu, bilas bibir pada pagi harinya sampai bersih.

        8. Oleskan Gel Lidah Buaya

Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam lidah buaya bisa menghambat produksi melanin sehingga membuat bibir jadi lebih cerah.Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan bibir tiap hari. Diamkan sampai mengering, lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan langkah ini sampai mendapat hasil yang diinginkan.

Apabila kondisi bibir hitam tak kunjung kembali cerah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan perawatan apa yang sebaiknya dilakukan. Untuk mencegah penyebab bibir hitam di atas, Anda bisa menjalani pola hidup sehat dengan tidak merokok, minum banyak air putih, dan batasi asupan kafein untuk membuat bibir tetap cerah. Stay Healthy !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *