Percaya atau Tidak? Tiga Mitos kecantikan ala Orang Indonesia

“Dilarang nyapu di malam hari,” atau “Dilarang membuka payung didalam rumah” mendengar ungkapan tersebut pasti tidak asing lagi. Tidak bisa dipungkiri, kamu yang lahir dan besar di Indonesia pasti dikelilingi setumpuk mitos turun temurun yang terkadang terdengar aneh dan lucu. Mungkin kamu juga pernah mendengar mitos kecantikan seperti berikut :

 

  1. Jika makan nasi tidak habis, kulit bisa jerawatan

Jika makan nasi tidak habis, kulit bisa jerawatan

Mendengar ungkapan tersebut  pasti sangat absurd, tapi bisa dipastikan diantara kalian ada yang percaya dengan mitos ini, atau bisa jadi sampai saat ini kamu masih mempercayainya.

Bisa jadi karena ungkapan itu sering diulang-ulang oleh orang tua, kamu jadi percaya jika jerawat merupakan “hukuman” untuk anak yang suka membuang makanan.

Saat mempercayai mitos ini, setiap kali kamu jerawatan pasti bukan menyalahkan skin care yang tidak cocok atau gaya hidup yang kurang baik, kamu malah menduga “Mungkin, gara-gara semalam makan sate padang  tapi tidak habis.”

Memang sangat tidak masuk akal, tapi bisa dibilang mitos kecantikan ini sangat ampuh untuk menakuti anak-anak, apalagi yang sudah mulai beranjak dewasa dan sangat memikirkan tentang penampilan.

 

  1. Memotong bulu mata saat bayi bisa bikin lentik

Memotong bulu mata saat bayi bisa bikin lentik

Bisa dibilang banyak sekali yang percaya dengan mitos ini. Tapi pada kenyataannya, banyak orang tua terdahulu memotong bulu mata anak bayinya dan sepuluh atau dua puluh tahun kemudian, tidak ada perubahan yang signifikan terhadapt bulu mata.

Kamu tau tidak, yang mempengaruhi lentik atau tidaknya bulu mata adalah nutrisi yang dikonsumsi oleh bayi dan faktor keturunan. So, tidak perlu lagi menggunting bulu mata bayi untuk mendapatkan bulu mata yang lentik.

 

  1. Berlama-lama di kamar mandi bisa bikin cepat tua

Berlama-lama di kamar mandi bisa bikin cepat tua

Memang tidak ada korelasi antara kamar mandi dan cepat tua tapi ada beberapa orang yang masih mempercayainya. Bahkan mitos selanjutnya, menghabiskan waktu lama di kamar mandi sambil bernyanyi, jodoh yang didapatkan akan jauh lebih tua umurnya.

Mungkin ungkapan tersebut adalah taktik zaman dulu agar tidak ada yangberlama-lama di kamar mandi karena akan masuk angin atau memboroskan air.

Jika dipahami, memang mandi terlalu lama dan over cleansing dapat mengganggu moisture barrier yang menjaga kesehatan kulit, sehingga dapat memicu masalah kulit lain seperti iritasi dan jerawatan.

Itulah tiga mitos kecantikan yang beredar di Indonesia. Masih banyak mitos yang masih dipercayai sampai saat ini, tetapi tidak semuanya benar. Kalau kamu apa ada pengalaman dengan mitos yang beredar? Atau tahu mitos kecantikan yang lain? Tuliskan di kolom komentar ya.

Jika saat ini kamu sedang mencari skincare untuk merawat kulit, kamu bisa mencoba DR Rochelle Skin Expert Indonesia. Banyak perawatan kulit yang bisa digunakan, mulai dari night cream sampai dengan eye treatment. Jaga kulitmu dengan baik. Menjaga kulit sama dengan merawat kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *