Afdol! Ketahui Jenis Lipstick, Memilih Warna Lipstick & Membuat Bibir Indah

jenis-lipstick

Kebanyakan perempuan, selalu mencoba gaya makeup baru yang sedang trend. Dari sekian banyak jenis makeup, lipstick merupakan benda terpenting yang harus dimiliki. Mungkin, selama ini kamu hanya mengetahui lipstick hanya terdiri dari satu jenis saja. Itu tidak benar, karena ada tujuh jenis lipstick yang harus kamu tau.

Dilihat dari cara menggunakannya, lipstick harus disesuaikan dengan kondisi bibir, bentuk bibir dan tentunya dengan lingkungan tempat kamu berada saat itu. Kira-kira apa aja jenis lipstick yang harus diketahui? Simak!

 

Mengetahui Jenis Lipstick

  1. Lip Liner

Kamu memiliki bentuk bibir yang kurang sempurna? Misalnya bibir terlihat kecil, terlalu lebar, terlalu lebar, atau tidak simetris? Tidak perlu cemas, lip liner merupakan solusi untuk masalah tersebut.

Lip liner berfungsi sebagai pembingkai bibir dan bisa membuat bibir kamu terlihat sempurna. Menggunakan lip liner harus dikombinasikan dengan jenis lipstick lain. Karena lip liner hanya berfungsi sebagai pembentuk pinggiran bibir, bukan untuk diaplikasikan pada bagian dalam bibir.

Gunakan lip liner sesuai dengan bentuk bibir. Jika memiliki bibir yang lebar dan tebal, cobalah mengaplikasikan lip liner pada bagian dalam garis bibir untuk memberi kesan lebih mungil. Untuk pemilik bibir kecil dan tipis, pulaskan lip liner pada bagian luar garis bibir untuk memberikan efek penuh pada bibir.

 

  1. Creamy Lipstick

Saat menggunakan lipstick ini, bibir akan sedikit mengkilap dan bibir akan terasa lembut. Creamy lipstick memberikan efek mengkilap, saat menggunakannya warna bibir akan lebih keluar. Lipstick ini sangat cocok digunakan berbarengan dengan lip liner agar memudahkan untuk membuat batasan pada bagian bibir.

Tidak hanya menggunakan lip liner, saat menggunakan lipstick ini, disarankan untuk menggunakan kuas. Agar polesan lipstick terlihat rata, rapi, dan tentunya tidak keluar dari garis bibir.

Creamy lipstick memiliki kandungan lilin yang tinggi sehingga berfungsi sebagai pelindung bibir dari sinar matahari. Kandungan lilin yang tinggi, menimbulkan efek negatif bagi bibir yaitu dapat menyebabkan bibir kering. Lipstick ini bagus untuk digunakan untuk bibir yang tipis dan kecil.

 

  1. Sheer Lipstick

Lipstick ini juga biasa disebut gloss lipstick. Jenis lipstick ini, memiliki warna yang tipis dan hampir transparan. Warna lipsticknya memberikan efek ringan, polesan natural, tidak mencolok dan sangat cocok digunakan sehari-hari.

Sheer lipstick dilengkapi dengan kandungan pelembap dan minnyak, sehingga dapat menjaga kelembapan bibir agar tidak kering dan pecah-pecah. Lipstick ini sangat cocok digunakan bagi pemilik bibir kecil, karena akan menimbulkan efek penuh.

Sheer lipstick sangat cocok bagi kamu yang suka dengan makeup natural. Karena warna yang dihasilkan sangat ringan. Jika ingin menghasilkan warna yang cerah tetapi tetap memberi efek lembap dan berkilau, saat menggunakan lipstick ini, coba kombinasikan dengan lipstick jenis lain seperti lipstick matte.

Kekurangan sheer lipstick yaitu saat digunakan terasa lengket, cepat hilang, dan mudah menempel di benda yang tersentuh oleh bibir sehingga kamu harus sering memakainya secara berulang.

 

  1. Lipstick Matte

Kamu tidak suka lipstick yang berkilau? Lipstick matte menjawab kerisauan kamu. Kandungan minyak pada lipstick matte sangat sedikit sehingga memberikan efek polesan yang natural dan tidak mengkilap.

Lipstick ini cocok digunakan untuk pemiliki bibir tebal dan lebar, karena lipstick ini akan membantu menyamarkan bentuk bibir kamu. Kelebihan lipstick matte yaitu tidak mudah hilang, tidak lengket, dan tahan lama.

Jika kamu memiliki masalah bibir kering, tidak dianjurkan menggunakan lipstick ini. Ada baiknya, sebelum menggunkan lipstick ini, gunakan terlebih dahulu pelembab bibir atau lip balm untuk tetap menjaga kelembapan bibir.

 

  1. Satin Lipstick

Bisa dibilang jenis lipstick ini merupakan gabungan antara sheer lipstick dengan matte lipstick. Hal tersebut dikarenakan satin lipstick memiliki bentuk yang hampir sama dengan lipstick matte tetapi memiliki kandungan pelembab yang cukup tinggi dan memberikan efek mengkilap seperti sheer lipstick.

Saat memakai satin lipstick, warna bibir kamu akan semakin menyala tanpa efek glossy yang berlebihan. Hasil akhir menggunakan lipstick ini akan terlihat lembut dan berkilau layaknya kain satin.

Kelebihan menggunakan satin lipstick adalah tidak mudah hilang dan tidak lengket. Lipstick ini tidak cocok digunakan untuk bibir lebar dan tebal, karena akan memberikan efek semakin penuh pada bibir.

 

  1. Shine Lipstick

Jenis lipstick ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan creamy lipstick. Saat menggunakannya, bibir kamu akan berkilau sehingga membuat bibir terlihat lebih penuh. Efek penuh, membuat lipstick ini cocok digunakan bagi pemilik bibir kecil.

Shine lipstick dapat menghidrasi bibir sehingga kamu tidak perlu repot untuk memakai pelembab bibir sebelum menggunakannya. Kekurangan shine lipstick adalah mudah hilang, lengket, dan terceplak pada benda yang menempel dengan bibir.

Jangan pernah menggunakan shine lipstick saat mengalami bibir pecah-pecah, karena pecah-pecah pada kulit bibir akan nampak jelas. Ada baiknya, sebelum menggunakan lipstick ini, rawatlah bibir dengan menggunakan masker bibir atau scrub yang dapat menghilangkan sel kulit mati penyebab bibir kering.

 

  1. Frosty Lipstick

Jenis lipstick ini disebut juga pearlescent. Saat memakainya akan memberikan kesan mengkilap dan metalik pada bibir. Kandungan pelembap pada frosty lipstick sangat sedikit, sangat disarankan memakai pelembab bibir sebelum memakainya.

Kamu juga harus pintar memilih warna lipstick, jika salah dalam memilih, maka akan terlihat tidak sesuai dengan warna kulit. Saat ini, Frosty Lipstick bisa dibilang jenis lipstick yang old, tetapi lipstick ini pernah popular pada tahun 80an.

Itulah tujuh jenis lipstick yang harus kamu ketahui. Semakin nambah pengetahuan maka semakin jago untuk mengaplikasikannya pada saat makeup. Oh ya, kamu sedang mencari lipstick atau lipcream yang banyak pilihan warna dan juga melembapkan? Pilih lipstick dan lip cream Luvena. Banyak pilihan warna yang bisa digunakan setiap hari. Memberikan kesan matte, melembapkan bibir dan cocok dipakai diberbagai suasana.

Setelah mengetahui jenis lipstick, sekarang saatnya kamu mengetahui warna lipstick terbaik sesuai dengan warna dan bentuk bibirmu. Tidak bisa dihindari, warna lipstick yang kamu gunakan pasti akan mempengaruhi penampilan kamu secara keseluruhan.

 

Memilih Warna Lipstick

Dengan memilih warna lipstick yang senada, akan membuat wajah menjadi terlihat cantik dan segar. Pemilihan warna lipstick yang tepat akan membuat tampilan menjadi alami dan natural.

Untuk mendapatkan tampilan yang natural, ada baiknya kamu menyesuaikan warna lipstick dengan warna kulit. Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda, ada yang memiliki kulit putih, langsat, coklat dan ada juga yang memiliki warna kulit cenderung hitam dan gelap. Berikut ini cara memilih warna lipstick terbaik.

 

Memilih warna lipstick sesuai warna bibir

Jika warna bibir kamu pucat, maka bisa menggunakan jenis lipstick dengan warna beige atau merah muda. Untuk bibir berwarna menengah (merah kecoklatan), kamu bisa menggunakan warna merah atau coklat. Jika memiliki bibir yang gelap, kamu bisa menggunakan warna ungu, kismis atau merah maroon.

 

Memilih warna lipstick sesuai warna kulit

Warna kulit merupakan faktor terpenting memilih lipstick, karena saat kamu tidak mengetahui warna kulit yang pasti, riasan wajah bisa terlihat berlebihan atau sebaliknya akan terlihat pucat. Terdapat empat dasar warna kulit, diantaranya:

  • Kulit putih terang

Orang yang memiliki warna kulit ini sangat beruntung karena bisa dengan mudah menggunakan warna lipstick yang disukai. Tetapi ada baiknya menggunakan warna yang lembut seperti peach, pink, beige, atau plum. Warna lipstick yang lembut akan membuat make up semakin natural.

  • Kulit kuning langsat

Bagi kamu yang memiliki warna kulit kuning langsat, sangat bagus menggunakan warna red cherry, merah maroon, dark berry, atau orange bata. Ada baiknya, kamu menghindari warna nude karena akan membuat make up terlihat pucat.

  • Kulit sawo matang

Untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang, sangat cocok menggunakan lipstick berwarna merah gelap seperti merah berry, merah coklat atau merah maroon. Warna lipstick yang harus kamu hindari adalah orange dan merah jambu, karna kedua warna tersebut akan membuat make up kamu terkesan sangat kusam dan tidak segar.

  • Kulit gelap atau hitam

Jangan kecewa karena memiliki warna kulit hitam, kamu bisa memilih lipstick dengan warna coklat kopi, red wine, ungu, prem atau karamel. Dengan menggunakan lipstick warna gelap, make up akan terlihat natural.

 

Coba dahulu sebelum memilih warna lipstick

Ketika kamu sudah memutuskan memilih satu warna lipstick, ada baiknya kamu mencobanya terlebih dahulu. Agar lebih higenis, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan cutton bud ataupun tangan yang sudah dibersihkan, oleskan pada bagian ujung jari untuk melihat warna yang dihasilkan dari jenis lipstick tersebut.

Jika kamu dalam posisi seorang diri dan tidak ada orang yang memberikan pendapat, kamu bisa mencoba lipstick pada bibir bagian bawah sehingga terdapat perbandingan antara warna bibir atas yang tidak menggunakan lipstick dengan warna bibir bawah yang sudah diberikan lipstick. Jika warna lipstick tersebut tidak cocok dengan warna kulit, ada baiknya kamu menggunakan warna lainnya.

Tips menggunakan lipstick agar tahan lama adalah dengan menggunakan pensil lipstick terlebih dahulu. Gunakan pensil lipstick yang memiliki warna senada dengan lipstick yang ingin dipakai.

Jangan lupa untuk selalu melihat kandungan yang terdapat pada lipstick, apakah terdapat kandungan yang berbahaya atau tidak. Untuk mengetes kandungan pada lipstick, cobalah oleskan sedikit lipstick pada telapak tangan, lalu gosokan dengan cincin emas, jika warna lipstick berubah menjadi hitam, kemungkinan besar terdapat bahan kimia berbahaya.

Kamu sudah mengetahui jenis dan cara memilih warna lipstick yang sesuai. Rasanya, percuma jika kamu tau tentang dua hal tersebut tapi bibir mengalami iritasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari iritasi dan mendapatkan bibir indah.

 

Bibir indah bisa didapatkan dengan mudah

Bibir indah merupakan impian banyak wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mendaptkan bibir yang senpurna, mulai dari menambahkan silikon, sulam bibir sampai dengan suntik vitamin. Yang paling mudah, membentuk bibir dengan lip pencil. Tapi tau kah kamu jika semua itu bisa menyebabkan iritasi? Sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bibir indah dengan cara alami. Berikut langkah yang harus kamu lakukan:

 

Selalu menggunakan lipbam

Katakan tidak pada bibir kering dan pecah-pecah! Untuk mensiasatinya dan mendapatkan bibir indah, coba selalu menggunakan lipbalm dengan aroma favorit agar bibir selalu lembab, sehat dan halus. Gunakan juga sebelum tidur jika ingin memiliki bibir yang lembut keesokan harinya.

 

Eksfoliasi bibir

Sudah pakai lipbalm tapi bibir indah belum didapatkan? Mungkin karena masih ada sel kulit mati pada bibirmu. Untuk mengatasinya, eksfoliasi bibir kamu menggunakan gula dan madu serta bersihkan dengan air hangat dan segera gunakan lipbalm. Bibir kamu akan lembut dalam sekejap.

 

Beri pijatan pada bibir

Bukan hanya wajah dan tubuh kamu saja yang membutuhkan pijitan, ternyata bibir juga membutuhkannya. Dengan melakukan pijatan ringan pada bibir dan daerah sekitarnya, peredaran darah akan menjadi lancar. Dengan begitu, akan membuat bibir indah terlihat merah alami. Gunakan olive oil atau madu untuk memijat bibir.

 

Rajin minum air mineral

Tubuh yang kekurangan air akan berdampak pada bibir yang menjadi kering. Sangat penting untuk memebuhi cairan dalam tubuh, minimal kamu harus minum 8 gelas air mineral setiap harinya.

 

Cari lipstick/lipcream dengan kandungan vitamin E

Bisa dibilang jika bibir merupakan bagian tubuh yang paling sensitif. Jika tidak dirawat dengan benar, maka bibir akan terlihat kusam dan menghitam. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan bibir. Salah satu cara untuk merawat dan menjadikan bibir indah yaitu tidak sembarangan menggunakan lipstick.

 

Menggunakan lipstick atau lipcream matte

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan lipstick dan lebih nyaman menggunakan lipcream, kamu bisa mencari lipcream matte yang tetap melembapkan bibir seperti Luvena Glitz. Tersedia dalam sembilan warna yang membuat penampilan kamu semakin flawless.

 

Kamu sudah mengetahui jenis lipstik, memilih warna lipstick dan membuat bibir indah dengan cara yang alami. Kurang afdol jika kamu hanya tau tapi tidak mencobanya. Kami berharap, kalian mencobanya dan tulisan kesanmu dikolom komentar ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *