Jangan Panik! Begini Ciri Mengalami Alergi Lipstick

alergi lipstik

Bisa dibilang perempuan dan lipstick tidak bisa dipisahkan, hal tersebut dibuktikan dengan munculnya berbagai produk lipstick, mulai dari lip pencil, lip balm sampai lipstick satin. Tapi pernahkan kamu merasakan gatal pada bibir? Bibir terasa panas dan bengkak? Jika begitu, bisa saja kamu terkena alergi lipstick.

Lipstick sangat merubah penampilan seseorang. Tapi tidak semua orang cocok dengan semua kandungannya. Penyebab terjadinya alergi lipstick biasanya berasal dari pewangi, zat pewarna, atau perasa yang tidak bisa diterima oleh sistem imun tubuh.

Lalu apa saja gejala jika mengalami alergi lipstick? Saat mengalami alergi, bibir akan terasa panas, gatal, dan bengkak. Tidak hanya itu, mata dan hidung juga akan bengkak bahkan berair.

Gejala lainnya yang akan kamu alami saat mengalami alergi yaitu mati rasa, kulit bibir menghitam, bibir pecah-pecah dan mengelupas. Jika gejala alergi sudah cukup parah, kamu akan merasakan nyeri perut, mual, bahkan diare dapat mungkin terjadi. Kasus terparah, alergi lipstick dapat menyebabkan bengkak pada tenggorokan hingga sulit bernafas.

alergi lipstik

Jadi apa penyebab yang dapat menimbulkan alergi lipstick? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alergi muncul karena kandungan lipstick yang tidak bisa diterima oleh tubuh.

Kamu harus memperhatikan kandungan lipstick sebelum membelinya seperti parfum, phenoxyethanol, talc, parabens, formaldehid, dan methylchloroisothiazolinone.

Parfum atau pewangi termasuk dalam kandungan lipstick, karena tidak sedikit produk lipstick yang memiliki wangi enak seperti buah atau vanilla. Parfum sebenarnya bukan bahan pemicu alergi tetapi dapat mengakibatkan terjadinya iritasi.

Kandungan paraben pada lipstick apakah tidak baik? Paraben merupakan bahan yang sering dijumpai pada produk kecantikan. Yang termasuk paraben adalah isobutylparaben, methylparaben, ethylparaben, propylparaben, isopropylparaben, dan lain-lainnya. Jika kamu memiliki bibir yang sensitif, sebaiknya waspada pada bahan tersebut.

Jika sudah tau penyebabnya, bagaimana cara mengatasi alergi lipstick?

alergi liptick

Bisa dikatakan alergi disebabkan oleh kandungan non-hipoalergenik yang ada pada lipstick, sebaiknya biarkan bibir tidak memakai lipstick untuk sementara waktu. Ada baiknya, kamu langsung berobat ke dokter untuk mengetahui kandungan apa yang membuat alergi pada lipstick, sehingga kamu  bisa mengantisipasi dikemudian hari.

Untuk tindakan lebih cepat, kompres bibir dengan es batu hingga beberapa menit, kamu bisa melakukannya setiap hari sampai bengkak sudah pulih. Untuk menghilangkan gatal, gunakan kantong teh yang sudah di dinginkan dalam kulkas. Jika bibir kamu sensitif, oleskan gel lidah buaya pada bibir.

Itulah ciri-ciri jika mengalami alergi lipstick dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kandungan lipstick sebelum membelinya. Kamu sedang mencari lipstick dengan bahan-bahan alami dengan warna terlengkap? Gunakan Lipcream Luvena Glitz! Memiliki teksture creamy dengan hasil akhir matte tapi bibir tetap terlembapkan. Dilengkapi dengan sembilan warna trendy yang dapat melengkapi harimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *