Jangan Salah! Memilih Bedak Two Way Cake dan Cara Mengaplikasikannya

bedak-two-way-cake

Banyak jenis bedak yang beredar dipasaran, sampai saat ini terdapat dua jenis bedak yang diminati perempuan yaitu bedak tabur dan bedak two way cake (padat). Lalu, diantara kedua bedak itu apa yang kamu pilih?

Pada dasarnya, semua kembali pada kebutuhan kulit. Ada beberapa indikator agar kamu tidak bingung memilih bedak padat atau tabur. Berikut indikator penentu yang bisa kamu jadikan acuan:

 

Jenis Kulit

Untuk jenis kulit berminyak dan normal disarankan untuk menggunakan bedak tabur, kenapa begitu? Karena bedak tabur lebih ringan dan tidak menutup pori-pori wajah.

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan normal tetapi ingin menggunakan bedak padat, kamu bisa memilih formula bedak yang ringan dan mengandung bahan-bahan non-comedogenic.

Untuk yang memiliki jenis kulit kering sangat bagus menggunakan bedak padat. Formula bedak padat dilengkapi dengan kandungan minyak yang bisa membuat kulit terasa lembap dan matte. Selain itu, kamu juga harus menggunakan pelembab sebelum memakai bedak. Agar kulit wajah tetap terlindungi dan terjaga kesegarannya.

 

Kondisi Kulit

Kamu sedang berjerawat dengan kondisi meradang, ada baiknya menggunakan bedak tabur terlebih dahulu. Dengan menggunakan bedak tabur dapat meminimalisir kondisi wajah yang berminyak. Gunakanlah bedak tabur secara merata dengan polesan yang tipis.

Kamu ingin menutupi noda hitam dan bekas jerawat? Gunakan bedak two way cake yang memiliki daya coverage yang lebih kuat dan tahan lama.

Untuk kondisi kulit normal, kamu bisa bebas menentukan ingin menggunakan bedak padat atau bedak tabur. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan jenis kulit.

 

Hasil Pemakaian

Pemakaian bedak tabur dengan bedak two way cake pasti berbeda. Saat menggunakan bedak tabur, hasil riasan lebih ringan, tipis, dan tidak menutup noda pada wajah. Selain itu, hasil riasan bedak tabur tidak akan tahan lama, sehingga kamu perlu mengulangi pemakaiannya setidaknya tiga jam sekali, apalagi jika beraktivitas di luar ruangan.

Sementara, hasil pemakaian bedak padat lebih tahan lama. Daya coverage bedak padat bisa bertahan sampai 5-6 jam. Hasil riasan bedak padat lebih mudah diratakan dan terlihat matte pada wajah. Bedak two way cake dapat menutupi noda hitam dan bekas jerawat, hal tersebut membuat orang-orang lebih memilih bedak padat.

 

Praktis

Jika kamu mencari penggunaan bedak yang praktis, bedak two way cake juaranya. Karena selain mudah digunakan, penyimpanan bedak ini pun cukup mudah. Kamu tidak pelu khawatir bedak akan tumpah didalam tas atau pouch makeup.

Kemasan bedak padat sengaja dikemas secara praktis dengan kaca kecil sebagai pelengkapnya. Hal ini jauh berbeda dengan bedak tabur, yang biasanya hanya dikemas dalam bentuk jar atau tempat plastik sederhana.

 

Warna

Memilih warna bedak yang sesuai dengan warna kulit sangatlah penting. Dalam hal ini, bedak padat lebih unggul. Bedak two way cake menawarkan warna-warna yang sesuai dengan warna kulit, mulai dari cokelat muda, krem, cokelat tua, hingga kuning keemasan.

Sementara bedak tabur, memiliki warna-warna netral yang lebih umum. Ada beberapa merek ternama mengeluarkan bedak tabur berwarna transparan yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil makeup pada tahap akhir.

 

Formula

Formula bedak tabur pastinya jauh lebih ringan. Bedak tabur biasanya terdiri dari komponen bedak saja, tanpa dilengkapi dengan pelembap, Sun Protector Factor (SPF), atau foundation. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa harga bedak tabur jauh lebih murah dibandingkan bedak two way cake.

Sedangkan bedak padat, hadir dengan berbagai macam kelebihannya. Ada beragam formula bisa sekaligus dicampurkan. Saat ini, sudah banyak bedak padat yang dilengkapi dengan foundation, pelembap, bahkan SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Sekarang apakah kamu sudah bisa menentukan ingin memakai bedak apa? Sebenarnya, inti dari menggunakan bedak yaitu untuk menutupi kekurangan pada wajah, seperti menyamarkan jerawat dan noda hitam, sehingga kulit wajah menjadi terlihat segar dan bercahaya.

Jika memang memungkinkan, kami menyarankan agar kamu menggunakan bedak two way cake. Dengan memakai bedak ini, kamu tidak perlu repot untuk memakai foundation secara terpisah. Saat kamu memakai bedak ini, coverage pada wajaha akan lebih maksimal untuk menyamarkan bintik hitam, pori-pori yang besar, dan jerawat.

Lalu bagaimana memilih bedak two way cake yang tepat? Yang pertama kali harus diperhatikan adalah memilih warna bedak sesuai dengan warna kulit agar terlihat lebih natural. Kamu juga harus bisa memiliki bedak yang dapat mengunci makeup sehingga riasan tahan sepanjang hari.

Kamu bisa menggunakan Luvena bedak  Two Way Cake. Bedak ini memiliki formula yang dapat membuat makeup tahan lama sehingga tidak perlu touch up terus menerus.

Kamu sudah bisa memutuskan untuk memilih bedak two way cake atau tabur, sekarang saat kamu bisa memilih bedak sesuai warna kulit. Kebanyakan kulit orang Indonesia berwarna sawo matang, lalu bedak seperti apa yang cocok untuk kulit orang Indonesia?

 

Tips Memilih Bedak Untuk Kulit Sawo Matang

Kamu pemilik kulit sawo matang yang susah memilih bedak? Memang benar, memilih bedak untuk warna kulit sawo matang sedikit menyusahkan. Jika salah memilih shade, bisa jadi wajah terlihat lebih hitam atau terlalu putih. Tidak perlu galau, berikut tips memilih bedak yang sesuai dengan kulit kamu.

Sebelumnya, untuk pemilik kulit sawo mateng apakah kamu pernah mengalami bad experience? Ada baiknya kamu mengetahui shade yang cocok untuk jenis kulit terlebih dahulu dibandingkan mengetahui jenis bedaknya.

Semua produk makeup lokal biasanya menyediakan shade khusus untuk kulit sawo matang. Jika sudah ada shade yang khusus untuk kulit sawo matang, ada baiknya kamu menggunakan shade tersebut.

Jika ingin memakai produk luar, pilihlah bedak two way cake dengan warna kecokelatan dengan komposisi satu warna lebih tua dibandingkan wajah seperti shade natural beige. Bisa juga kamu memilih translucent dan mengikuti warna kulit. Untuk lebih memudahkan, berikut tips memilih bedak untuk warna kulit sawo matang :

 

1. Kulit sawo matang dengan jenis kulit normal

Tips memilih bedak pertama untuk pemilik tipe kulit normal adalah perhatikan shade bedak. Kamu bisa menggunakan semua jenis bedak, mulai dari bedak two way cake, pressed powder, loose powder, atau bahkan shimmering powder. Pilihlah shade natural beige atau yang cocok dengan warna kulit sawo matang.

 

2. Kulit sawo matang dengan jenis kulit kering

Jika tipe kulit kamu cenderung kering, ada baiknnya pilih pressed powder dengan kandungan pelembab didalamnya. Kandungan pelembap dapat menjaga kulit tetap lembap dan mencegah makeup flaky karena kulit kering. Jangan lupa gunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum memulai bermakeup. Moisturizer berfungsi agar kulit tidak kering ketika diberikan bedak.

 

3. Kulit sawo matang dengan jenis kulit berminyak

Tips memilih bedak bagi jenis kulit berminyak adalah menggunakan loose powder. Sudah terbukti, jika bedak tabur dapat menyerap minyak sehingga wajah terlihat segar dan tidak kusam.

Formula bedak tabur sangat ringat dibandingkan bedak lainnya, jadi tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Saat memilih bedak tabur, pilihlah shade satu tingkat lebih gelap dari warna kulit atau foundation karena kulit berminyak akan terlihat lebih mengkilap.

Kekurangan menggunakan bedak tabur yaitu tidak tahan lama. Kamu harus sering mengulangi pemakaian bedak agar kulit tetap terlihat segar.

 

4. Kulit sawo matang dengan jenis kulit kombinasi

Jika kamu memiliki kulit seperti ini ada baiknnya melakukan perawatan dengan benar. Disarankan menggunakan moisturizer pada area muka yang kering dan hanya memakai moisturizer secara tipis di area T – Zone sebelum menggunakan BB cream atau foundation.

 

5. Kulit sawo matang dengan jenis kulit sensitive

Tips memilih bedak bagi kulit sensitif yaitu harus memperhatikan kandungan bedak. Sebaiknya pilih bedak dengan formula lightweight. Untuk memilih shade, kamu bisa memilih shade bedak yang sesuai dengan warna kulitmu.

Jika kamu masih bingung untuk memilih bedak, cobalah gunakan Luvena bedak Two Way Cake. Terdapat tiga pilihan shade yaitu ivory, natural dan beige. Saat menggunakan bedak ini, kamu akan merasakan sensasi ringan, membuat wajah halus dan bebas minyak sepanjang hari.

Itulah tips memilih bedak untuk kulit sawo mateng. Silakan kamu terapkan tips diatas agar tidak salah dalam memilih bedak yang terbaik untuk wajah. Dalam pemakaian bedak, tidak terlepas dengan cara pengaplikasian yang benar. Berikut ini penjelasan lebih lanjut, alat makeup untuk mengaplikasikan bedak.

 

Alat Makeup Terbaik Untuk Mengaplikasikan Bedak

Menggunakan bedak sudah menjadi kewajiban bagi semua perempuan baik hanya dirumah saja atau berpergian. Jika tidak menggunakan bedak, serasa ada yang kurang. Tapi mengaplikasikan bedak dengan cara yang salah dapat menjadi masalah besar.

Kamu pasti tidak mau jika wajah terlihat lebih menor atau belang seperti zebra karena pengaplikasikan bedak yang tidak rata. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui dulu aplikator bedak yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Jari

Merupakan aplikator yang paling mudah dan sederhana apalagi untuk pemula yang baru saja belajar makeup. Memang benar, hampir semua produk kosmetik bisa diaplikasikan menggunakan jari termasuk juga bedak. Memang penggunaan jari sebagai aplikator tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan menggunakan jari saat mengaplikasikan bedak, dapat membaur dengan cepat karena adanya panas yang didapat dari gesekan antara kulit wajah dengan jari. Hasil polesan pun terlihat lebih natural dan pemakaian produk jauh lebih hemat.

Kekurangan menggunakan jari sebagai aplikator adalah kamu sangat sulit memastikan apakah bedak sudah merata atau belum. Saat mengaplikasikan dengan jari, otomatis bedak akan ditarik naik turun, bawah atas, kanan kiri. Hal tersebut yang membuat bedak tidak rata di wajah dan menyebabkan terdapat daerah yang lebih tebal dari pada yang lain.

 

Spons

Salah satu aplikator yang sering digunakan untuk mengaplikasikan bedak. Spons memiliki bentuk yang cukup beragam. Ada yang berbentuk sudut mengerucut, pipih, bulat atau bahkan siku-siku. Bentuk spons harus disesuaikan dengan makeup yang akan diaplikasikan.

Spons yang berbentuk pipih biasanya digunakan sebagai aplikator bedak cair, sedangkan spons yang lebih padat biasanya digunakan untuk bedak yang berbentuk krim atau padat.

Kelebihan saat menggunakan spons yaitu bisa menghasilkan tampilan yang lebih natural. Ujung runcing dari spons, bisa digunakan untuk menjangkau bagian wajah yang sempit seperti bagian antara mulut dan hidung.

Kekurangan menggunakan spons yaitu memiliki sifat menyerap cairan sehingga menghabiskan lebih banyak produk dibandingkan kamu menggunakan jari.

Agar produk yang diserap tidak banyak, ada baiknya kamu membasahi spons terlebih dahulu dengan air. Jangan meletakkan bedak pada permukaan spons tapi letakkan bedak pada tangan, lalu gunakan spons untuk meratakannya.

Kamu harus menjaga kebersihan spons. Cara membersihkan spons sangat mudah yaitu dengan mencuci spons menggunakan sabun atau sampo bayi kemudian bilas dan peras. Jangan biarkan spons yang kamu gunakan itu kotor, karena akan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat.

Kamu juga harus tau, menggunakan spons harus memperhatikan jenis kulit. Untuk kulit kering, lebih baik spons yang akan digunakan disemportkan dulu dengan face water atau face mist sehingga pengaplikasian bedak lebih merata.

Untuk kulit berminyak, kamu harus menggunakan spons dalam keadaan kering jika tampilan makeup ingin terlihat dewy tetapi tidak mengkilap. Jika ingin menggunakan bedak yang matte, campurkan dengan serum wajah, ratakan lalu aplikasikan pada wajah.

 

Brush

Banyak beauty blogger yang menggunakan brush untuk mengaplikasikan bedak. Kamu tau tidak brush memiliki tekstur, ukuran dan kuas yang berbeda? Terus brush seperti apa yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan bedak?

Kamu bisa mencoba menggunakan fibre brush, paddle brush, dan buffing brush. Memang ada tiga jenis brush yang berbeda tetapi ketiga brush tersebut tidak digunakan secara bersamaan.

Fibre bursh memiliki bentuk kuas bulat dan rata, memiliki dua jenis bulu yaitu pendek dan panjang. Kelebihan menggunakan brush ini untuk mengaplikasikan bedak yaitu mampu menghasilkan makeup yang flawless dengan sheer coverage.

paddle brush digunakan saat kamu mengharapkan hasil full coverage atau meratakan bedak. Kekurangan menggunakan brush ini adalah sangat susah untuk menjangkau daerah sempit seperti hidung dengan sudut mata bagian dalam.

Buffing brush memiliki bentuk yang padat, tebal dengan permukaan yang rata. Kelebihan menggunakannya, memberikan hasil yang lebih flawless karena bisa menyamarkan pori-pori besar. Kekurangannya, tidak bisa menjangkau bagian wajah yang sempit dan susah untuk dibersihkan akibat bulunya yang rapat.

Lalu manakah aplikator yang terbaik untuk mengaplikasikan bedak? Jawabannya adalah tidak ada aplikator yang terbaik, karena semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung peruntukkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *