Apa Alat Makeup Terbaik Untuk Mengaplikasikan Bedak?

tutorial-makeup

Menggunakan bedak sudah menjadi kewajiban bagi semua perempuan baik hanya dirumah saja atau berpergian. Jika tidak menggunakan bedak, serasa ada yang kurang. Tapi mengaplikasikan bedak dengan cara yang salah dapat menjadi masalah besar.

Kamu pasti tidak mau jika wajah terlihat lebih menor atau belang seperti zebra karena pengaplikasikan bedak yang tidak rata. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui dulu aplikator bedak yang sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Jari

Jari

Merupakan aplikator yang paling mudah dan sederhana apalagi untuk pemula yang baru saja belajar makeup. Memang benar, hampir semua produk kosmetik bisa diaplikasikan menggunakan jari termasuk juga bedak. Memang penggunaan jari sebagai aplikator tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan menggunakan jari saat mengaplikasikan bedak, dapat membaur dengan cepat karena adanya panas yang didapat dari gesekan antara kulit wajah dengan jari. Hasil polesan pun terlihat lebih natural dan pemakaian produk jauh lebih hemat.

Kekurangan menggunakan jari sebagai aplikator adalah kamu sangat sulit memastikan apakah bedak sudah merata atau belum. Saat mengaplikasikan dengan jari, otomatis bedak akan ditarik naik turun, bawah atas, kanan kiri. Hal tersebut yang membuat bedak tidak rata di wajah dan menyebabkan terdapat daerah yang lebih tebal dari pada yang lain.

 

  1. Spons

Salah satu aplikator yang sering digunakan untuk mengaplikasikan bedak. Spons memiliki bentuk yang cukup beragam. Ada yang berbentuk sudut mengerucut, pipih, bulat atau bahkan siku-siku. Bentuk spons harus disesuaikan dengan makeup yang akan diaplikasikan.

Spons yang berbentuk pipih biasanya digunakan sebagai aplikator bedak cair, sedangkan spons yang lebih padat biasanya digunakan untuk bedak yang berbentuk krim atau padat.

Kelebihan saat menggunakan spons yaitu bisa menghasilkan tampilan yang lebih natural. Ujung runcing dari spons, bisa digunakan untuk menjangkau bagian wajah yang sempit seperti bagian antara mulut dan hidung.

Kekurangan menggunakan spons yaitu memiliki sifat menyerap cairan sehingga menghabiskan lebih banyak produk dibandingkan kamu menggunakan jari.

spons

Agar produk yang diserap tidak banyak, ada baiknya kamu membasahi spons terlebih dahulu dengan air. Jangan meletakkan bedak pada permukaan spons tapi letakkan bedak pada tangan, lalu gunakan spons untuk meratakannya.

Kamu harus menjaga kebersihan spons. Cara membersihkan spons sangat mudah yaitu dengan mencuci spons menggunakan sabun atau sampo bayi kemudian bilas dan peras. Jangan biarkan spons yang kamu gunakan itu kotor, karena akan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat.

Kamu juga harus tau, menggunakan spons harus memperhatikan jenis kulit. Untuk kulit kering, lebih baik spons yang akan digunakan disemportkan dulu dengan face water atau face mist sehingga pengaplikasian bedak lebih merata.

Untuk kulit berminyak, kamu harus menggunakan spons dalam keadaan kering jika tampilan makeup ingin terlihat dewy tetapi tidak mengkilap. Jika ingin menggunakan bedak yang matte, campurkan dengan serum wajah, ratakan lalu aplikasikan pada wajah.

 

  1. Brush

Brush

Banyak beauty blogger yang menggunakan brush untuk mengaplikasikan bedak. Kamu tau tidak brush memiliki tekstur, ukuran dan kuas yang berbeda? Terus brush seperti apa yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan bedak?

Kamu bisa mencoba menggunakan fibre brush, paddle brush, dan buffing brush. Memang ada tiga jenis brush yang berbeda tetapi ketiga brush tersebut tidak digunakan secara bersamaan.

Fibre bursh memiliki bentuk kuas bulat dan rata, memiliki dua jenis bulu yaitu pendek dan panjang. Kelebihan menggunakan brush ini untuk mengaplikasikan bedak yaitu mampu menghasilkan makeup yang flawless dengan sheer coverage.

paddle brush digunakan saat kamu mengharapkan hasil full coverage atau meratakan bedak. Kekurangan menggunakan brush ini adalah sangat susah untuk menjangkau daerah sempit seperti hidung dengan sudut mata bagian dalam.

Buffing brush memiliki bentuk yang padat, tebal dengan permukaan yang rata. Kelebihan menggunakannya, memberikan hasil yang lebih flawless karena bisa menyamarkan pori-pori besar. Kekurangannya, tidak bisa menjangkau bagian wajah yang sempit dan susah untuk dibersihkan akibat bulunya yang rapat.

Lalu manakah aplikator yang terbaik untuk mengaplikasikan bedak? Jawabannya adalah tidak ada aplikator yang terbaik, karena semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung peruntukkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *